Perkenalkan Jialing Kancil, Mocin yang Masih Eksis dan Banyak Penggemarnya

Jialing, satu merek motor Cina (mocin) yang pernah eksis di awal tahun 2000~an. Sebagaimana banyak merek motor made in Cina lainnya, desain motornya berkiblat (atau kasarnya menjiplak) ke pabrikan Jepang. Yang sasaran terutama pabrikan Honda, terutama motor bermesin c100. So, hampir semua mocin berbentuk mirip Supra, motor Honda yang paling trend kala itu.
Selain supra, dalam prosentase kecil ada juga mocin yang berdesain motor Yamaha seperti Jupiter, FizR.
Yang menarik kita bahas kali ini adalah Master desain yang bernuansa klasik, yakni basic honda c70 super cub.

Untuk merek jialing, mereka melansir nama Jialing Kancil. Beberapa mocin juga mempunyai kembarannya, seperti Nasha yang meluncurkan Nasha City 70, kemudian ada merk Fukuda, Happy, dll.
Yang cukup menarik, sejumlah motor Jialing Kancil ini masih eksis hingga saat ini, dan karena dirawat oleh penggemar, rata-rata dalam kondisi laik pakai.
Untuk memantau geliat eksistensi jialing Kancil (dan mocin sejenis), redaksi menyambangi satu grup di facebook yang berjuluk Jialing Kancil Indonesia (JK Owner). Dengan anggota grup sebanyak 4rb akun, rasanya kelompok penggemar Jialing Kancil ini patut diperhitungkan.
Dalam grup Facebook yang disetting publik tersebut, setiap hari diramaikan oleh posting member yang menjual motor Kancilnya, menawarkan sparepart copotan maupun universal, ingin merekondisi motor Jialing Kancil warisan ortu, atau memburu bahan untuk dikoleksi.
Fyi, jialing Kancil ini memang menarik untuk dijadikan klangenan alias koleksi. Bentuknya yang berdesain ala cub honda 70, lengkap dengan setang ala motor laki, headlamp bulat, dan tangki yang berada di atas frame depan, juga mesin 70cc nya, langsung menerbitkan nuansa klasik.
Beberapa penggemar Kancil memodifikasi motornya dengan berbagai aliran, mulai dari engine swap dengan motor yang lebih tinggi cc nya, hingga detailing body dan kaki-kaki sehingga lebih cantik dengan krom atau cat yang unik.
Beralih ke soal harga, harga pasaran Jialing Kancil kondisi standar normal dan surat surat lengkap adalah 5 jutaan. Harga ini bisa melambung jika sang pemilik lama sudah merekondisi motornya, apalagi jika disematkan parts yang mahal.

Tips modifikasi Jialing Kancil
- ganti rem depan dengan rem cakram. Rem aslinya yang model drum, mungkin dirasa kurang pakem atau ingin lebih modern, bisa diganti dengan discbrake. Modifikasi ini perlu mengganti shockbreker depan dengan copotan dari motor sport, biasanya dari Tiger atau GL Pro.
- Mengganti rims atau peleg. Bisa diganti dengan pelek racing alloy, atau jika ingin lebih retro bisa memakai pelek jari (spoke wheel) yang model jari rapat.
- Mengganti lampu headlamp dengan led. Pencahayaan akan lebih terang, dan tentunya lebih keren dan modern.
- Aplikasi krom pada fender atau sparkboard, knalpot, dan setang.


1 komentar:

Edwin mengatakan...

Apik