Serba-Serbi Spion Nmax: Model Tomok, ala Motor Sport, atau ala Moge (berikut tips mengganti kaca spion yang pecah)


Banyak pemilik Nmax yang tidak puas dengan tampilan standar. Mungkin karena ingin tampil beda, alasan mudah mencari di parkiran karena punya ciri sendiri (soalnya populasi Nmax sudah menjadi motor sejuta umat), hingga owner Nmax yang kelebihan uang.

Klop dengan itu, produsen asesoris pun berlomba-lomba meluncurkan produk untuk mendandani Nmax. Salah satunya adalah spion Nmax, bagian yang kecil namun cukup mendongkrak penampilan jika modelnya beda, khas, atau mewah.

Umumnya ada dua jenis model spion Nmax variasi, model di handle bar (spion jalu), dan model spion yang nempel di bodi. Nah, yang paling banyak diburu oleh pemilik Nmax adalah model nempel bodi. Spion tempel bodi ini standarnya dipakai oleh motor sport atau moge. Jadi, tampilan Nmax pun jadi lebih keren. Selain mengejar tampilan estetika, spion di bodi juga fungsional, yakni mudah dilipat. Hal ini berguna jika motor hendak melewati jalan sempit, atau hendak diparkir ke dalam rumah yang pintunya sempit. Jika terjadi senggolan, spion lipat ini juga lebih aman karena akan melipat sehingga meminimalisir kaca pecah atau spion patah.

Spion ala Tomok


Di pasaran tersedia banyak opsi spion lipat Nmax. Harga yang termurah bisa ditebus kurang dari Rp. 100 ribu. Spion ala Tomok misalnya, harganya mulai 80.000, universal jadi bisa dipasang di segala jenis motor, terutama yang mempunyai fairing depan lebar. Misalnya saja Aerox, Nmax. Ninja, Cbr, R15, R25, Suzuki GSX, Satria Fu, Sonic, dan Vixion. Paket pembelian disertai dengan dudukan dan baut, untuk selanjutnya bisa dipasang sendiri atau diserahkan ke bengkel langganan.

Spion Ori Motor Sport 


Opsi lainnya, Nmax bisa mengadopsi spion original kepunyaan motor sport, misalnya lansiran R25. Spion R25 genuine Yamaha ini bisa ditebus seharga 450 ribuan. Anda juga bisa mengaplikasikan spion ori dari motor sport merek lain, terutama motor sport fairing CC besar, sehingga tampilan Nmax bisa semakin sporty.

Spion Nmax Lipat Menyatu Bodi


Berikutnya, yang cukup digandrungi saat ini, spion lipat Nmax yang menyatu dengan bodi depan. Biasanya spion model begini dilengkapi juga dengan lampu sein, sehingga tampilannya pun lebih eye catching. Dengan bodi berbahan plastik ABS, harganya cukup terjangkau, mulai dari 200ribuan. Warna catnya bisa dipilih yang sesuai dengan warna motor Nmax kesayangan Anda.

Pemasangan spion Nmax lipat ini cukup mudah, berbekal double tape foam. Sebelum dipasang, sambung dulu kabel lampu DRL/seinnya, atur supaya posisi kabel tidak terjepit dan bisa rapi tidak tampak dari luar. Paket pembelian sudah termasuk tebeng tambahan yang menyatu dengan spion, yang bisa langsung plug n play dipasang pada bodi depan samping Nmax. Keuntungan dari model spion ini adalah Anda tidak perlu melubangi bodi Nmax, sebab pemasangan cukup kuat dengan memakai double tape foam 3M.

Mengganti Kaca Spion yang Pecah  

Lalu bagaimana jika spion lipat ini pecah kacanya? Jika spion tersebut berharga mahal, tentunya sayang jika harus ganti segelondongan. Solusinya adalah Anda bisa mengkanibal spion kepunyaan mobil yang cukup besar ukurannya. Tidak harus membeli spion satu unit, melainkan cukup beli refill kacanya. Untuk mobil Avanza misalnya, refill kaca ini dijual Rp. 50.000 untuk satu buah. Nah, kaca ini bisa Anda bawa ke tukang kaca untuk dipotong sesuai ukuran spion yang Anda miliki. Ongkos potong ini cukup murah, kami pernah melakukannya dengan ongkos Rp. 5 ribu saja.


Demikian sekilas informasi tentang spion variasi Nmax, mudah-mudahan menjadi inspirasi bagi Anda untuk mendandani kendaraan sehingga tampil keren dengan biaya terjangkau.

 

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Murah juga ya

Kimul mengatakan...

Mantap nian