Yuk, BIkin Wiper Fluid Sendiri! Murah dan Ramah Lingkungan

Salah satu komponen kecil namun penting pada kendaraan adalah cairan wiper. Apalagi di musim hujan, cairan wiper sangat berguna untuk membersihkan kaca depan maupun belakang dari kotoran, minyak, atau oli yang terciprat dari jalanan bersama air hujan. Kotoran-kotoran tadi akan membuat air hujan tidak bisa diseka dengan sempurna dari kaca.

Beberapa orang merasa cukup untuk mengisi tabung wiper fluid atau washer dengan air biasa. Namun air biasa ini tentu tidak bisa mempunyai daya pembersih terhadap kaca. Oleh karena itu, seyogyanya kita mengisi tabung washer ini dengan cairan khusus, tentunya yang mengandung sabun atau zat pembersih.

Dewasa ini cairan washer fluid siap pakai sudah banyak tersedia di pasaran. Harganya bervariasi, yang biasanya berbanding lurus dengan kemampuan membersihkan kaca, dan juga aspek ramah lingkungan serta tidak merusak bagian-bagian lain dari bodi kendaraan.

Nah, kali ini, tidak ada salahnya kita meramu sendiri wiper fluid. Selain murah dan mudah, dengan meramu sendiri kita tahu komposisi bahan yang aman dan tidak merusak kendaraan.

Wiper fluid bisa dibikin dari bahan yang ada di setiap rumah tangga, yakni: sabun pencuci piring, ditambah alkohol 90 sd 99 persen.

Pertama, siapkan 4 liter air, satu sendok makan sabun pencuci piring (Sunlight, Mama Lemon, dll), dan satu cangkir alkohol. Campur ketiga unsur ini secara merata, dan siap dimasukkan ke dalam tangki washer fluid kendaraan Anda. 


Ada baiknya, Anda tes dulu hasil dari racikan ini. Jika dirasa busa yang dihasilkan terlalu banyak, Anda bisa menambahkan kembali air bersih secukupnya. Nah, mudah kan?

1 komentar:

Wawan mengatakan...

Wah, tips yang menarik nih. Joss