Tips Membeli Cover Mobil: Jangan Asal Beli untuk Kendaraan Kesayangan Anda


Di pasaran, ada berbagai pilihan bahan dan harga cover mobil. Warnanya pun berbagai macam, mulai dari yang warna natural bahannya, hingga warna-warni cerah yang eye catching seperti merah, biru, kuning, dan lainnya.

Nah, agar Anda tidak salah pilih dalam membeli cover mobil, berikut tips dalam memilihnya.
1. Perhatikan agar membeli cover mobil yang waterproof. Anda membeli cover mobil tentu saja agar kendaraan terlindung dari panas dan hujan kan? Produsen atau pengrajin umumnya mendeskripsikan produknya sebagai waterprof alias tahan air. Namun perlu ditanyakan juga, apakah full 100% waterproof atau tidak? Sebab ada kemungkinan rembesan air bukan dari bahan cover mobil, namun dari jahitan yang ada. Oleh karena itu, usahakan membeli cover mobil yang model terusan atau tanpa jahitan sama sekali. Oh ya, sifat waterproof dari bahan kain juga berbagai macam kualitasnya coatingnya, yang tentu saja bisa berkurang seiring waktu. Karenanya, secara periodik cek apakah ada tembus air setelah pemakaian cover tersebut.

2. Belilah cover mobil yang mempunyai daya tolak yang baik terhadap panas matahari. Terutama apabila kendaraan yang ditutup cover tersebut terkena panas matahari langsung, usahakan membeli yang berwarna silver atau putih. Warna-warna gelap bisa dipilih jika kendaraan diparkir di garasi atau carport yang beratap.

3. Jika membeli cover yang warna-warni, tanyakan apakah gampang luntur? Bahan yang diwarnai dengan pewarna kain umumnya bisa luntur seiring waktu--apalagi jika diparkir di outdoor yang terkena panas dan air hujan langsung--sehingga malah bisa membikin kendaraan Anda belang tidak karuan. Amannya adalah membeli cover mobil yang berwarna bahan aslinya alias natural.

4. Beli cover mobil dengan ukuran yang pas dengan kendaraan Anda. Jika Anda membeli secara online, pastikan seller menawarkan opsi untuk penukaran jika ukuran tidak sesuai dengan mobil Anda. Cover yang tidak pas akan memperbesar peluang bergerak atau tertiup angin, yang tentu saja bisa menimbulkan goresan atau baret pada bodi kendaraan.

5. Perhatikan usia pakai cover mobil. Umumnya, cover mobil mempunyai daya tahan sekitar 1 sampai 3 tahun. Jika keadaan cover mobil sudah tidak maksimal performanya, tentu saja mengganti dengan yang baru adalah pilihan yang bijak. Apalagi saat ini cover mobil sudah terjangkau harganya, mulai dari 200 ribuan saja.

3 komentar:

Kim mengatakan...

Nice tips. Ditunggu tips otomotif lainnya gan

Ktz mengatakan...

Semangat sharing boss

Edwin mengatakan...

Bagusnya sih punya garasi yang ketutup rapat, hehd