Interior Mobil Tampil Resik dan Elegan, dengan Karpet Mie (Coil Mat) untuk Alas Mobil

Ingin interior mobil Anda tampil resik dan rapi, jangan lupakan alas kaki alias karpet mobil. Yang sedang trend sekarang adalah karpet mie. Sering disebut juga karpet bihun, atau nama kerennya coil mat, saat ini banyak dipilih untuk menjadi alas kaki dalam kendaraan. Tampil dengan berbagai pilihan warna yang menarik, karpet mie diklaim mempunyai beberapa kelebihan dibanding karpet mobil lazimnya yang berbahan dasar karet natural, karet sintetis, vinyl, ataupun pvc compound.

Bentuk coil alias mie pada karpet ini akan menangkap debu dan kotoran, sehingga tidak beterbangan di dalam kendaraan. Cara membersihkannya juga mudah, tinggal dibalik dan ditepuk-tepuk, debu dan kotoran akan tersingkir. Bila ingin praktis, bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu. Atau jika kotoran cukup banyak dan menempel, bisa dicuci dengan menyemprotkan air bertekanan. Tidak perlu menggunakan sikat, sebab akan merusak struktur coil mie pada karpet.

Coil mat yang berkualitas baik akan cukup awet, terasa lembut dan empuk ketika dipijak. Dan karena terbuat dari bahan pvc yang tidak tembus air, maka karpet asli kendaraan anda akan terlindung bila ada cairan yang tumpah.

Karpet mie ada yang dijual dalam bentuk lembaran/gulungan, maupun bentuk potongan yang sudah disesuaikan dengan bentuk karpet mobil tertentu.


Jika ingin praktis, tentu membeli yang siap pakai ini adalah pilihan yang bijak. Harganya cukup terjangkau, untuk mobil Avanza misalnya dibandrol mulai 400 ribuan, sudah dapat lengkap dari baris depan hingga bagasi. Adapun untuk mobil Innova berkisar Rp. 500 ribuan. Tanpa ribet Anda tinggal pasang, dan biasanya karpet mie siap pakai ini disertai logo kendaraan sehingga tampil elegan.

 

Namun, bila Anda ingin berkreasi sendiri dan cukup waktu senggang, atau jenis kendaraan Anda belum tersedia karpet mie siap pakai, bisa membeli yang berupa lembaran. Harganya cukup terjangkau, dijual per lembar (ukuran 50 x 120 cm) seharga 70 ribuan saja. Jika butuh yang lebih panjang, bisa membeli dengan satuan kelipatannya, misal 100 x 120 cm, atau 150 x 120 cm. Adapula penjual yang menjual dengan satuan senti, yakni seharga 2500 rupiah per cm2. 



Perlu diingat, jika Anda membeli terutama dari toko online, pilih yang model bagian belakangnya terdapat gerigi anti slip. Hal ini berguna agar tidak bergeser ketika dipasang di kendaraan, terutama di bagian sopir yang bisa berbahaya jika mengganggu pengoperasian pedal gas atau rem. Ketika membeli, teliti juga ketebalan karpet mie berapa cm. Produk yang beredar umumnya mempunyai ketebalan bervariasi, mulai dari 1 cm hingga 2 cm, karena kegunaan coil mat ini bukan hanya untuk kendaraan saja, tapi juga untuk aplikasi lain seperti keset rumah, alas lantai, dan lain-lain. Untuk kendaraan Anda, pilih yang ketebalannya 2 senti, sehingga cukup nyaman dan empuk, serta bisa memerangkap debu dan kotoran dengan aman.

Sebelum membeli karpet mie lembaran, hitung kebutuhan karpet berdasar pola yang telah diukur pada alas kendaraan Anda. Pola bisa dibuat dari kertas bekas yang tebal, atau kalau kendaraan Anda sudah mempunyai karpet lama, bisa dijadikan panduan. Tata semua pola tersebut, dengan patokan lebar lembaran karpet adalah 120 cm, dan panjang menyesuaikan kebutuhan.

Setelah Anda membeli karpet, potonglah sesuai pola yang ada. Memotongnya bisa menggunakan cutter, dengan cara karpet dibalik (bagian dasarnya yang dicutter). Kelar potong memotong, Anda bisa langsung memasang pada kendaraan. Untuk menambah daya rekat karpet mie ke alas kendaraan, Anda bisa menambahkan perekat velcro. Harganya cukup murah, berkisar Rp. 5 ribu per meternya.

Oke, selamat berkreasi!  

 

2 komentar:

Ant_Land mengatakan...

Menarik untuk dibaca! Semangat admin!

Ode mengatakan...

Tips yang berguna. Untuk dek motor matic juga bisa lho min