Suzuki Forsa, Hatcback 20-jutaan yang Irit dan Kencang

Bagi penggemar mobil tua, Suzuki Forsa tentu menjadi salah satu jenis mobil yang terlintas di angan-angan. Mobil hatcback yang dipasarkan Indomobil dalam rentang tahun 1986-1990 ini di masanya bersaing ketat dengan Toyota Starlet dan Daihatsu Charade.

Suzuki Forsa ditenagai mesin bertipe F10A, yang juga dipakai oleh Suzuki Carry dan Jimny/Katana. Berpenggerak roda depan dan transmisi 5 percepatan, Forsa masih nyaman dipacu hingga top speed di atas 100 km/jam.

Kombinasi antara model sedan hatchback yang nyaman dan mesin yang populer serta mudah diperoleh sparepartnya, menjadikan Suzuki Forsa masih disukai dan diburu oleh penyuka mobil hemat biaya. Harga bekasnya saat ini, untuk produksi tahun 1986 sampai 1989 bisa ditebus dengan harga di bawah 20 jutaan.

Jika Anda ingin berburu, ada baiknya pilih yang tipe tertinggi (GLX), karena fiturnya lengkap sudah power steering, electric mirror, dan power window. Adapun kondisi fisik yang perlu diperhatikan selain kemulusan body dan mesin yang kering dan prima, adalah kaki-kaki dan sistem pendinginan.

Lantaran berpenggerak roda depan, Suzuki Forsa rawan bermasalah pada bagian kaki-kaki depan, juga engine mountingnya. Untuk kenyamanan pemakaian, lakukan pemeriksaan di bengkel understeel terdekat atau langganan Anda.

Berikutnya, periksa kondisi sistem pendingin yakni radiator dan saluran-salurannya. Usia tua tentu saja memungkinkan komponen tersebut menumpuk kotoran atau bahkan keropos dan aus.

Kondisi AC juga perlu dipantau, sebab kubikasi mesin yang cuma 1000 CC akan cukup terbebani jika AC bermasalah. Periksa kondisi evaporator, kondensor, dan kompresor AC-nya.  Minimal lakukan pembersihan ringan (ongkos jasa cukup terjangkau, mulai 50 ribu saja), agar sistem AC lancar dan pendinginan kabin maksimal.

Terakhir, berikut beberapa inspirasi untuk mendandani Suzuki Forsa Anda biar tampil lebih rapi dan fresh, sehingga tidak kalah dengan mobil-mobil masa kini.

Tipsnya adalah tampilan eksterior tidak perlu ngadi-ngadi atau neko-neko. Jika kondisi cat masih bagus, bisa sekadar dipoles. Atau jika ada dana, bisa dilakukan pengecatan ulang. Untuk pemanis, bisa diaplikasikan stiker ala-ala mobil jaman 90-an. 

Jika ada dana lebih, fokus modifikasi bisa menysar pada velg dan ban yang bagus. Gaya klasik dengan velg belimbing, atau velg kaleng namun kondisi bersih, akan cukup mendongkak penampilan Suzuki Forsa ini.

Oke, selamat berjadul ria...








 

1 komentar:

Sudiro mengatakan...

Wah, jadi pengen nyari forsa nih. Nunggu duit kumpul...