Pembuktian Jarak Tempuh Tesla Model 3: Apakah Sesuai Klaim Pabrikan?

Sejumlah selebriti (di antaranya Dedy Corbuzier, Andre, Ashanti) telah memiliki mobil listrik best seller dunia, Tesla Model 3. Mobil seharga lebih dari 1 milyar ini dipasarkan di Indonesia dengan tiga tipe: Standar Range Plus, Long Range, dan Performance. 


Jarak tempuh sekali charge Tesla Model 3 ini cukup bagus. Untuk Standar Range Plus mampu menempuh 387 km, sedangkan Long Range, dan Performance sanggup mencapai 499 km.


Jarak tempuh tersebut diuji berdasarkan EPA (Environmental Protection Agency) rating, yang menghitung rerata dari pemakaian di dalam kota dan jalan tol.


Untuk membuktikan jarak yang diklaim pabrikan, situs insideevs.com membandingkannya dengan kondisi riil di lapangan. Berikut laporannya.


Metode yang dipakai oleh insideevs adalah menjalankan Tesla Model 3 di jalan bebas hambatan dengan kecepatan stabil 70 mil/jam (sekitar 112 km/jam).


Tom Moloughney menggunakan Tesla Model 3 Long Range miliknya sendiri, lansiran tahun 2019 dengan odometer hampir 15 ribu mil (24 ribu km). Tol menyetir dengan 'chill mode', regenerative braking diposisikan pada pengaturan standard, dan sekitar 95% dari seluruh perjalanannya menggunakan autopilot. Dengan kondisi tersebut, Tom mampu menempuh jarak 465 km, atau rata-rata 5.23 km per kWh.


Dari pengujian lapangan ini, hasilnya cukup mendekati klaim pabrikan, dengan selisih 34 km. Angka ini bisa dimaklumi karena perbedaan nilai variabel dalam pengujian, seperti misalnya hambatan angin, kondisi lalu lintas, kondisi medan jalan, dan cuaca. 


Dengan demikian, hasil ini memberi gambaran pada calon konsumen tentang kinerja suatu kendaraan listrik, dan data sheet yang disodorkan oleh pabrikan cukup bisa dipercaya.


 


Tidak ada komentar: