Battle of Blind Van: Adu Harga dan Spesifikasi Tiga Blind Van yang Beredar di Indonesia

        Blind Van, jenis mobil yang mungkin tidak terlalu menarik perhatian, walaupun kita sering melihatnya wara-wiri mengantar muatan, biasanya sebagai fleet delivery usaha ekspedisi. Blind Van memang mobil yang lebih menitikberatkan fungsional dibanding estetika luaran atau kenyamanan ketika berada di dalamnya. 

        Namun, blind van tentu memiliki kelebihan dibanding kendaraan komersial lain seperti pickup atau mobil box. Di antaranya, ketiga Blind Van yang akan kami komparasi ini sudah dibekali AC, power steering, dan beberapa fitur menarik lainnya. Berikut rincian battle kali ini.



        Dari segi harga, GranMax Blind Van adalah yang termurah, disusul oleh Wuling Formo dan yang termahal adalah APV Blind Van. Akan tetapi sebagai catatan, harga Granmax tersebut redaksi peroleh dari situs Tunas Mandiri Finance, yang belum kami ketahui update tidaknya. Adapun pihak website Daihatsu sendiri sudah tidak memajang Granmax versi Blind Van, melainkan hanya versi minibus. Granmax minibus 1.3 liter ini yang termurah dibandrol 171,8 juta, namun tentu speknya tidak relevan untuk dibandingkan dalam komparasi kali ini.

        Dengan demikian, dari segi harga, ketiga jenis blind van ini masih dibilang sepadan. Perbedaan harga yang tidak seberapa jauh ini juga dikompensasi dengan fitur dan fasilitas yang disandang masing-masing brand.

        Beralih ke segi fitur, ketiga nominator ini cukup setara. Dari segi eksterior, semuanya sama-sama dibekali velg besi. Wuling Formo cukup unggul di sisi estetis eksterior, yakni bumper yang sudah sewarna bodi. Bentuk Formo yang mempunyai full bonet juga mempunyai keunggulan: kemudahan maintenance mesin, panas mesin yang cukup jauh dari passenger, dan cukup banyaknya crumple zone dibanding semi bonetnya APV dan Granmax Blind Van.

        Meski demikian, bentuk Minivan APV dan Granmax yang bermesin di bawah jok depan mempunyai keunggulan kapasitas kabin yang lebih besar. Apalagi, kedua minivan ini mempunyai atap yang tinggi. Tentu akan memudahkan untuk keluar masuk barang, sekaligus membawa barang yang dimensinya lebih besar. Adapun Granmax, mempunyai keunggulan dalam hal pintu sliding yang dimilikinya. Hal ini sangat membantu dalam akses keluar masuk ke dalam ruang kabin belakang. Bisa disimpulkan, ketiga Blind Van ini memiliki sisi kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tinggal kebutuhan peruntukan kendaraan serta preferensi merek yang disukai oleh konsumen yang menjadi faktor penentu.

        Berikutnya komparasi adu kinerja mesin. Dalam hal ini, APV unggul dengan mesin 1500 cc-nya, disusul Granmax, dan yang paling bontot Wuling Formo. Meski Formo kalah soal power, namun konsumsi BBM-nya diklaim lebih irit, terutama mesinnya yang lebih baru dengan standar euro4. Dari sini konsumen bisa menimbang, apakah perlu power dan torsi besar dari APV namun konsumsi bbm agak lebih banyak, ataukah konsumsi bbm irit namun daya angkut dan powernya lebih kecil dari Granmax dan Formo.

____________

baca juga: pricelist semua produk Daihatsu


        Komparasi terakhir, adalah beberapa fitur yang menjadi keunggulan masing-masing merek. Pertama, APV blind van cukup menarik karena sudah dilengkapi airbag untuk driver. Tentu hal ini menjadi nilai lebih di bidang keselamatan pengendara. Adapun Wuling Formo, mempunyai kelebihan di bidang kenyamanan, terutama karena ia adalah versi murah dari Wuling Confero, yang diakui cukup baik build qualitynya. Wuling Formo mewarisi fitur Confero berupa layar MID untuk informasi status kendaraan yang cukup informatif. Adapun keunggulan Granmax, selain pintu sliding yang sudah dibahas di atas, adalah statusnya sebagai top mind masyarakat untuk mobil niaga. Hal ini mempunyai efek positif berupa nilai jual bekasnya yang cukup stabil, lantaran banyak peminat.

        Oke, demikian komparasi singkat tiga nama besar blind van di tanah air, semoga bisa sedikit mencerahkan wawasan para pegiat usaha yang ingin melengkapi armadanya dengan kendaraan blind van.

 

Sekilas spek dan harga:

 

Wuling Formo Blind Van Harga 141 juta

Mesin 1,2 liter, power 77 hp (5,600 rpm) dan torsi 110 Nm (3.600-4.600 rpm)

Fitur power steering, power window, layar MID untuk informasi status kendaraan, AC, Head unit (radio, USB player).

 

APV Blind Van harga 158,5 juta

Mesin 1,5 liter, Power 94 hp, torsi 126 Nm

Konsumsi BBM 8 km/l (dalam kota), 11,2 km/l (tol)

Fitur: AC single blower, power windows, airbag untuk driver, seatbelt yang bisa diatur ketinggiannya, Head unit (radio, cd player, usb player).

Daya angkut total 800kg.

 

GranMax Blind Van 1.3

Mesin 1,3 liter, harga 137,5 juta

Power: 86.80 hp, torsi 114.7 Nm

Konsumsi BBM 11-15 km/l.

Fitur: AC single blower, power steering, tanpa power window, head unit radio + usb player


 

 

 

Tidak ada komentar: