Kendaraan Pemadam Berbasis Motor Niaga Roda Tiga: Harga Bersaing dan Bisa Blusukan ke Gang-Gang Sempit Nih!

Saat ini sudah cukup populer kendaraan pemadam yang berbasis motor niaga roda tiga, baik itu produksi ATPM sendiri, ataupun buatan karoseri. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari 50 jutaan sudah memperoleh motor pemadam roda tiga yang mempunyai perangkat lengkap. Kelebihan dari pemadam roda tiga ini adalah mampu menerobos gang-gang sempit yang tidak bisa diakses mobil pemadam. Padahal, gang-gang sempit di pemukiman padat penduduk biasanya rawan kebakaran. 


Satu contoh yang cukup menarik adalah motor pemadam produksi Viar. Motor pemadam yang berbasis Viar Karya 200 CC ini sudah dilaunching sejak pertengahan tahun 2018. Menurut pihak pabrikan, motor ini cukup laku, terbukti bisa terjual puluhan unit per bulannya, yang biasanya dibeli oleh dinas instansi pemerintah ataupun perusahaan swasta. Spesifikasi yang ditawarknan berupa tangki air berkapasitas 500 liter. Jika pemesan menginginkan, tangki bisa diperbesar menjadi kapasitas 900 liter. Selain itu, motor damkar Viar ini juga dilengkapi selang hidran sepanjang 20 meter, didukung sistem rangkaian bolak-balik (sedot-dorong). Perlengkapan lain (opsional) bisa berupa tangga alumunium, perlengkapan personil seperti baju pemadam, helm, dan kapak khas petugas pemadam. 

Opsi motor pemadam berikutnya, muncul dari pabrikan Nozomi. Kami belum memperoleh harga pasaran resminya, namun ditilik perlengkapannya cukup menarik. Misalnya, mesin pompa bertenaga bensin yang terlindungi oleh bracket besi yang kuat. Dengan demikian, pompa ini aman dari benturan benda keras ataupun guyuran air. Bagian samping bawah tangki dimanfaatkan untuk bagasi yang bisa diisi perlengkapan pemadam kebakaran, seperti perlengkapan personil dan lain-lain. Selain itu, kran penyedotan dan penyemprotan air juga didesain kokoh dan mudah digunakan.

Pabrikan lain yang tidak mau ketinggalan dalam urusan motor pemadam ini adalah TVS, produsen asal India. Dengan berbasis motor TVS Kargo yang diproduksi di pabriknya di Indonesia, TVS pemadam ini menggendong tangki yang cukupan saja, yakni 300 liter. Meski demikian, mesin pompanya sangat andal, bermerk Waterax yang sudah banyak digunakan untuk mobil pemadam kebakaran. Harganya juga cukup lumayan, unit pemadam TVS dengan Waterax ini dibandrol 120 juta (OTR Jakarta). Adapun jika memakai pompa biasa, harga bisa lebih bersaing, yakni 95 hingga 100 juta rupiah. Motor pemadam lansiran TVS ini sudah dilengkapi dengan tangga yang ditempatkan dipenyangga di atas tangki. Selang air juga mencapai 30 meter, unggul dibanding motor pemadam tiga roda pesaingnya. Tambahan fasilitas lainnya adalah sirine dan lampu rotator.

Selain pihak pabrikan ATPM, beberapa perusahaan karoseri juga memanfaatkan motor tiga roda sebagai basis untuk kendaraan pemadam. Seperti misalnya karoseri Delima Jaya, yang berpusat di Bogor. Sample motor pemadam yang dipajang oleh Delima Jaya adalah berbasis TVS Kargo, meski konsumen bisa memilih basis merek motor tiga roda yang diinginkan. Perlengkapan dan bentuk juga fleksibel bisa menyesuaikan kebutuhan dan anggaran pemesan.

Oke, sukses dan semakin maju deh industri otomotif Indonesia!

 

Tidak ada komentar: