Sewa Motor, Asyik dan Hemat Menjelajahi Kota




Menyewa motor menjadi alternatif yang tepat jika kita berwisata sendirian atau berdua. Selain sewanya murah, mobilitas sepeda motor juga lebih unggul dibanding kendaraan roda empat. Di perkotaan akan lincah menembus kemacetan, sementara di pedesaan mudah menjangkau lokasi-lokasi yang terpencil dan berakses sulit. 


Selain untuk berwisata, sewa sepeda motor juga tentunya bisa untuk segala keperluan. Mengurus urusan keluarga atau pekerjaan di luar kota menjadi lebih mudah dan efisien.

Saat ini, di berbagai kota wisata dan pendidikan telah banyak penyedia jasa sewa motor. Seperti di Jakarta, Bali, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Bandung, Semarang, dan lainnya. Lalu, bagaimana cara untuk menyewa motor ini dan berapa estimasi biaya sewanya?


Pihak yang menyewakan motor biasanya tidak meminta jaminan uang, melainkan cukup identitas penyewa. Demi keamanan, identitas diharuskan minimal dua macam. Yang wajib tentu saja KTP atau paspor. Identitas tambahan lain bisa dipilih: SIM, passport, NPWP, KTM (kartu tanda mahasiswa), kartu BPJS/ASKES, KK (Kartu Keluarga), STNK yang dimiliki. Identitas tambahan tadi tidak harus atas nama penyewa, tapi bisa keluarga, teman, atau pasangan.


Sebelum sampai di kota tujuan, sebaiknya Anda berkomunikasi dulu dengan perusahaan penyewaan tersebut, terutama untuk pemesanan kendaraan. Komunikasi diperlukan juga untuk mengatur di mana kendaraan akan diantar. Beberapa penyewaan mempunyai garasi yang dekat dengan stasiun, terminal, atau bandara, sehingga Anda bisa langsung menggunakan kendaraan sewaan tersebut begitu sampai. Syarat booking adalah berusia minimal 18 tahun, dan membayar uang sewa di muka.  


Lalu, berapa kisaran biaya sewanya? Umumnya biaya sewa tergantung jenis motor yang diinginkan. Misalnya, matic entry level (Mio, Beat) dibandrol biaya sewa 70 ribu untuk 24 jam. Ada juga yang menyewakan per 12 jam, sebesar 40 ribu. Untuk maxi scooter seperti Nmax, PCX, dan Honda ADV, rata-rata kena biaya sewa 100 ribu sd 150 ribu. Begitu juga motor laki seperti Kawasaki KLX, dibandrol 150 ribu.


Tidak hanya melayani sewa harian, rata-rata tempat persewaan melayani sewa mingguan atau bulanan dengan biaya yang lebih murah, dan bisa dinego.


Selain kendaraan, sewa motor juga memberi fasilitas perlengkapan berupa helm, jas hujan, dan masker. Layanan antar jemput kendaraan yang disewa juga rata-rata disediakan oleh penyewaan motor.


Nah, tertarik untuk menyewa motor?


Salam Gaspol!




Tidak ada komentar: