Taft Kebo, Pesaing Suzuki Jimny Jangkrik yang Murah dan Tahan Banting


Anda ingin memiliki mobil yang murah, tidak pasaran, dan tangguh? Taft Kebo mungkin bisa jadi pilihan.
Dengan dana mulai dari 35 juta rupiah, Anda sudah bisa meminang Taft Kebo yang juga disebut Taft Badak lansiran tahun 1981.
Mobil besutan Daihatsu ini menyandang mesin diesel berkode DG (4 silinder 2.530 cc) direct injection, dengan transmisi 4 percepatan. Daya yang dihasilkan sebesar 66 HP (3.600 rpm), dengan torsi maksimal 157 Nm (2.200 rpm). Konsumsi BBM-nya lumayan, 7-10 km/L untuk pemakaian dalam kota, dan 11 sampai 15 km/L untuk pemakaian luar kota.
Taft kebo diproduksi dalam rentang tahun 1979-1985, memiliki 2 model, yaitu atap keras dan model removable resin top yang dikenal sebagai Taft Hunter.
Mengapa disebut Taft Kebo? Asal mulanya adalah adanya logo gambar kepala kerbau di pintu belakangnya. Dan rasanya julukan ini cocok dengan kinerja mobil yang di masanya lazim dipakai untuk kendaraan operasional, terutama di daerah dengan infrastruktur seadanya.
Mobil pesaing Suzuki Jimny Jangkrik ini mempunya ukuran kompak, yakni panjang 3.360 mm, lebar 1.460 mm, dan tinggi 1.820. Jarak sumbu rodanya 2.025 mm.
Meski mungil, Taft Kebo ini bisalah untuk mengangkut empat orang, atau kalau dipaksakan bisa menampung 6 orang karena kursi belakangnya model hadap-hadapan.



Nah, sebelum Anda membeli mobil ini, perlu perhatikan beberapa kekurangan Taft Kebo:
Tenaga relatif kecil, dengan bobot kendaraan mencapai 1 ton.
Kemudian, Sewajarnya mobil tua, perhatikan bagian-bagian bodi yang keropos, dan segera perbaiki jika ada.
Dan yang terakhir, bantingan suspensi Taft Kebo cukup keras, sehingga jika Anda merasa 'tersiksa', segera konsultasikan ke bengkel per untuk menjinakkannya.
Oke, selamat ber-vintage ria!

Tidak ada komentar: