Tips Aman Mengangkut Barang di Motor Memakai Tas Delivery atau Obrok



Salah satu fungsi sepeda motor adalah untuk membawa barang. Untuk memudahkan pengangkutan barang bawaan, sudah banyak diproduksi side bag, atau nama lainnya tas obrok, tas pos, ronjot, tas kurir, tas delivery, tas motor samping, dan mungkin masih ada sebutan lain di berbagai daerah.
Bahasan kali ini khusus tentang tas samping (jadi tidak menyinggung ronjot bambu, kayu, dll), yang umumnya berbahan kain. Jenis kain bervariasi: kain kanvas, vinyl atau kulit sintetis, dan kain parasut. Kain kanvas biasanya cukup diberi rangka penguat, sedangkan vinyl dan parasut bisa diberi lapisan penguat seperti karet, karpet, dll.
Yang perlu diperhatikan ketika membeli sidebag ini, ukuran lebar ketika terpasang di motor sebaiknya tidak melebihi lebar setang. Selain mematuhi undang-undang lalu lintas, hal ini juga demi keselamatan Anda sendiri agar tidak rawan menyenggol kendaraan lain terutama ketika menyalip di lalulintas yang padat.
Berikutnya, posisikan sidebag agar tidak menutupi lampu isyarat kendaraan, yakni lampu sign dan lampu belakang / lampu rem. Ada baiknya, pasang juga lampu tambahan di ujung luar bagian belakang kronjot sidebag Anda, agar pengendara di belakang Anda tahu dan waspada. Position lamp ini bisa digantikan dengan reflector (atau populer disebut mata kucing). Beberapa produsen sudah melengkapi sidebagnya dengan reflector ini.
Terakhir, jangan memaksakan membawa barang melebihi kemampuan moyor Anda. Overload bawaan bisa menjadikan anda kesulitan mengendalikan kendaraan, juga berisiko pecah ban, velg geol, atau as roda soak.
Patokan amannya adalah bobot bawaan di tas seberat jika Anda memboncengkan orang. Jadi, seberat rata-rata wajar bobot manusia, sekitar 100kg maksimal.

Tidak ada komentar: