Tiga Prinsip Dasar Defensive Driving


Berkendara di jalan raya tidak cukup hanya menguasai teknik mengoperasikan kendaraan saja. Akan tetapi, pengemudi dituntut menerapkan defensive driving, yakni: mengemudi sembari menjaga keselamatan jiwa, menghemat waktu dan uang, berkaitan dengan keadaan sekeliling dan tindakan orang lain di jalan raya. 


Sebelum menyelami lebih dalam tentang skill defensive driving, berikut tiga prinsip dasar yang harus dikuasai:


Pertama, kendalikan kecepatan kendaraan, pandangan jauh ke depan dan mengantisipasi segala kemungkinan, selalu waspada dan menghindari hal yang memecah perhatian. Praktiknya adalah dalam mengemudi, seseorang harus konsentrasi penuh ke jalanan, kendaraan lain, dan situasi sekeliling jalanan. Hindari distraksi dalam mengemudi seperti menelpon, mengoperasikan smartphone, atau bercanda berlebihan dengan teman semobil.


Kedua, siap siaga terhadap segala macam tindakan dan reaksi pengendara lain dan pejalan kaki. Selalu menghormati dan mengawasi pengendara lain, dan tidak berharap pengendara lain akan melakukan apa yang Anda ingini.


Ketiga, berkaitan dengan kendaraan Anda, selalu jaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Berkendaralah sesuai cuaca dan kondisi jalan yang ada. Sebelum menikung, kurangi kecepatan sehingga menghindari rem mendadak yang bisa menimbulkan respon terkejut dari pengendara lain.


To be continued.

Tidak ada komentar: