Blok Mesin atau Velg Kendaraan Kusam, Bisa Dipoles Sendiri Lho!


Kendaraan yang resik dan terawat tentu membuat kita nyaman menggunakannya. Perawatan ini tidak harus mahal atau bergantung pada bengkel dan pihak lain. Anda pun bisa melakukannya sendiri, dengan biaya yang lebih murah tentunya.

Misalnya, jika menemui blok mesin, velg, atau bagian kendaraan lain yang terbuat dari stainless dan besi tampak kusam. Solusinya adalah dengan dipoles, yang tentunya bisa dilakukan sendiri saat santai di rumah.

Bahan untuk memoles ini mudah diperoleh dan harganya murah. Yang siap pakai, misalnya produk Sanpoly. 


Harganya 35 ribu untuk kemasan 500 ml. Aplikasinya cukup mudah, masukkan cairan Sanpoly ke dalam semprotan bekas, lalu semprotkan pada part yang ingin dikilapkan. Gosok secara halus saja dengan kain katun atau chamois.

Pilihan berikutnya, adalah pasta poles merk Autosol. Harganya cukup terjangkau, untuk kemasan 50gr dibandrol 17 ribu rupiah. Cara pemakaiannya, gunakan lap katun atau microfiber yang telah diolesi sedikit Autosol untuk menggosok bahan yang ingin dikilapkan. Lakukan beberapa kali agar hasilnya bisa kinclong dan tahan lama.

Ada lagi cara yang lebih hemat, yakni menggunakan batangan batu hijau untuk poles, beberapa merknya adalah Inasol dan Langsol. Dengan dana 30 ribuan rupiah Anda bisa memperoleh Langsol yang beratnya 500gr. 


Batu hijau segini sudah bisa untuk memoles berkali-kali. Penggunaannya seperti sabun, yakni setelah dibasahi dengan pengencer (bisa memakai thinner) dioleskan ke bagian yang ingin dikilapkan. Gosok part tersebut dengan kain, sampai noda-noda hilang dan tampil kilau asli logam atau stainlessnya. Selain digosok langsung, Langsol bisa dipotong kecil, lalu cuilan tersebut diencerkan dengan thinner. Larutan tersebut lalu siap untuk memoles kendaraan Anda.

Tidak ada komentar: