Yuk, Bikin Semir Ban Buatan Sendiri! Murah dan Ramah Lingkungan




Tampilan ban yang hitam mengkilap tentu mendongkrak penampilan kendaraan Anda. Nah, admin membagikan resep pembuatan semir ban homemade, dengan bahan-bahan yang murah dan mudah ditemukan di rumah. Ada dua resep yang dipaparkan kali ini ini.

1. Bahan utama baby oil dan sabun cuci


"Ramuan" yang dirilis oleh avalonking.com ini memakai bahan yang murah dan mudah diperoleh di rumah tangga. Meski murah dan simple, hasilnya untuk menyemir ban cukup bagus dan tahan lama.

Bahan:
Baby oil: 50 ml
air bersih: 20 ml
Sabun cuci (sejenis mama lemon atau sunlight): 2 sampai 3 tetes

Campur ketiga bahan ini hingga menyatu, lalu masukkan ke dalam botol spray bekas (bisa bekas parfum, atau semprotan kecil untuk memandikan burung)
Adapun pemakaiannya, setelah ban kondisi bersih dan kering, semprotkan ramuan ini ke ban beberapa semprotan, lalu ratakan dengan kain kaos bekas.
Hasil dari semir ban homemade ini bisa bertahan sekitar satu bulan.

2. bahan utama minyak jarak dan alkohol


Resep ini berbahan pokok minyak jarak dan alkohol 99%. Minyak jarak murni bisa dibeli secara online, harganya sekitar 25.000 untuk kemasan 200 ml. Adapun alkohol 99% yang biasanya untuk membersihkan luka, atau untuk sterilisasi alat-alat lab, bisa dibeli di apotik. Harganya 45.000 untuk kemasan setengah liter. 

Dosisnya sebagai berikut:
Minyak jarak: 100 ml
Sabun cuci: 30 ml
Alhohol: 300 ml
Air bersih: 7,5 liter

Pemakaiannya, bahan-bahan tersebut tidak dicampur ya. Tapi digunakan bergantian.
Pertama, bersihkan ban dengan sabun cuci dan air bersih. Setelah kering, gunakan alkohol untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang membandel. Gunakan alkohol seperlunya saja, dengan meneteskannnya pada kain kaos bekas lalu dioleskan ke ban.
Setelah bersih, aplikasikan minyak jarak menggunakan kain kaos atau kain microfiber. Usap secara merata dengan gerakan memutar. Hasilnya, ban akan tampak hitam mengkilap, tahan lama, serta kotoran tidak mudah menempel.

Tidak ada komentar: