Nih, Beberapa Motor Listrik Keren Bertenaga Besar!

Motor listrik sudah menjadi keniscayaan di era mendatang. Indonesia pun tidak mau ketinggalan, apalagi setelah terbit aturan terkait, yakni Perpres No. 55/2019 tentang Percepatan Progam Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle).

Beberapa produsen lokal maupun importir mulai diminati dagangannya oleh masyarakat. Meski demikian, yang banyak beredar bisa dibilang baru entry level, terutama karena mengejar keterjangkauan harga. Jangkauan jelajah masih rendah, berkisar 40 hingga 120 km (biasanya harus double baterai). Powernya juga cukupan saja, misalnya saja Gesit yang 6.7 hp. 

Nah, bagaimana jika kita melongok ke penjuru dunia, yang telah melahirkan beberapa motor listrik bertenaga besar, 200 hp misalnya? Dan juga jangkauan jelajah yang lebih dari 300 km sekali charge? Berikut kami review sejumlah motor keren yang bertenaga besar, sebagai inspirasi pengembangan industri dan teknologi motor listrik di negara kita.


1. Damon Hypersport


Motor bergenre sport ini mempunyai tenaga yang nggegirisi, sebesar 200 hp sehingga akselerasi dari 0 – 100 kmpj bisa dicapai di bawah 3 detik. Top speed yang bisa diraih mencapai 320 km per jam. Adapun jangkauan jelajahnya juga cukup mantap, mencapai 320 km untuk sekali pengecasan. Baterainya sendiri berkekuatan 21.5 kWh, yang bisa dicharge penuh dalam waktu kurang dari tiga jam.


Damon Hypersport memungkinkan pengaturan pada windshield, handlebar, jok, dan footrest, yang diberi nama paten SHIFT. Dengan demikian, motor ini bisa menyesuaikan posisi dan gaya rider untuk kebutuhan perjalanan dalam kota (commuter mode) yang sering stop and go, ataukah untuk pengendaraan kecepatan tinggi (sport mode) di jalanan yang memungkinkan (termasuk di sirkuit). Pengaturan cukup dilakukan dengan menekan satu tombol saja, dan secara elektronik keempat titik posisi riding di atas akan berubah.

Fitur berikutnya, dijuluki COPILOT. Sistem ini akan men-scan dan memberikan warning kepada pengendara tentang kondisi di sekelilingnya (360°). Jika ada bahaya, misalnya kendaraan lain yang mengarah ke jalur motor dan tak terlihat oleh rider karena posisi blindspot, CoPilot akan mendeteksi dan memperingatkan rider melalui getaran pada setang, informasi pada layar led di spedometer, dan layar kamera belakang yang beresolusi on 1080p.

Motor ini juga dilengkapi konektivitas 4G dan perangkat AI (artificial Intelligence) yang menganalisis dan menyempurnakan setting pengendaraan sesuai dengan gaya si rider.

Ada dua pilihan motor Damon. Pertama, Damon Hypersport HS yang dibandrol 24.995 USD (harga riil bisa lebih murah lagi, karena belum termasuk insentif atau diskon yang diberlakukan untuk kendaraan listrik). 


Kedua, Damon Hypersport Premier, dibandrol lebih tinggi yakni sebesar 39.995 USD. Tipe Premier ini lebih keren, sebab disematkan parts berkelas seperti rem Brembo, suspensi Ohlins, dan single swingarm.


Dari info website resmi Damon (damonmotorcycles.com), motor ini sangat diminati oleh konsumen terutama di benua Amerika, terbukti dengan inden yang telah full hingga tahun 2021.


2. Lightning LS 218

Ini dia, motor listrik superbike tercepat di dunia, produksi Lightning Motorcycle. Top speednya 351 km/jam. Harganya memang tak murah, berkisar 38.888 dolar AS untuk tipe 12 kWh, dan 46.888 dolar AS untuk tipe 20 kWh. Namun harga tersebut sebanding dengan potensi kekuatan yang dimiliki motor ini, termasuk komponen apik yang disandang: suspensi Ohlins, rem Brembo, bodi yang terbuat dari serat karbon, velg magnesium forged dari Marchesini, dll.

 

Berikut spesifikasi lengkapnya:

Suspensi depan: garpu lansiran RaceTech (opsi upgrade: ?hlins FGRT upside down) NIX30 cartridge internals, TiN surface treatment, billet aluminum radial caliper mountings. Fully adjustable spring preload, compression and rebound damping

Rem: Dual Brembo 320mm disc; Brembo radial-mount forged 4-piston calipers, 2 Brembo T-Drive 320mm Fully-Floating Rotors, 2 Brembo Brembo GP4-RX CNC Radial Calipers

Regenerative Braking yang bisa diprogram

Tinggi jok: 32 inci (81 cm)
Bobot kendaraan: 495 lbs (225 kg)

Roda depan: Lightning forged aluminum  3.5" x 17", 120/70Z R17, Belakang: Lightning forged aluminum 6.0" x 17", 190/55Z R17

Transmisi: sistem direct

Pengecasan: 30 menit dengan menggunakan fast charger DC, 120 menit dengan charger level 2

Battery Pack (3 pilihan): Baterai 380V 12 kwh (Jangkauan 100-120 mil satu kali pengecasan), Baterai 380V 15 kwh (Jangkauan 120-150 mil satu kali pengecasan), Baterai 380V 20 kwh (Jangkauan 160-180 mil satu kali pengecasan)

Suspensi belakang: Swingarm terbuat dari aluminum billet, dengan shockbreaker dan sistem link Ohlins TTX36
Bisa disetting untuk preload, ketinggian motor, dan kompresi serta rebound untuk kecepatan tinggi dan rendah

Motor: IPM liquid cooled 150kw+ 10,500 rpm electric motor (200 hp dan torsi 168 ft·lbs)

Tidak ada komentar: