Modifikasi Atau Pasang Windshield Visor Aftermarket: Cara Murah Dongkrak Penampilan dan Kenyamanan Motor



Namanya windshield, windscreen, atau visor. Perangkat berbahan mika atau plastik transparan yang ditempatkan di depan pengendara ini berfungsi melindungi rider dari terpaan angin. Selain itu, windshield juga berguna untuk membelah angin (memperkecil hambatan angin) sehingga motor lebih stabil dalam kecepatan tinggi. Manfaat lainnya, kenyamanan rider bisa meningkat karena terpaan debu saat panas, air hujan saat hujan deras, dan deru angin juga bisa dinetralisir oleh windshield.

Beberapa jenis motor sudah membekali diri dengan windshield ini dari pabriknya. Misalnya saja motor matic maxi seperti Nmax, PCX, dan Honda ADV. Atau motor sport berfairing seperti Yamaha R15, Suzuki GSX, dan Kawasaki Ninja.

Lalu bagaimana dengan motor yang standarnya tidak dibekali dengan windshield? Bisakah dipasang dan berapa kira-kira biayanya?

Di pasaran saat ini sudah tersedia berbagai macam windshield, yang sudah dirancang khusus untuk motor-motor tertentu. Dengan demikian, pemasangan pun akan lebih mudah alias plug and play. Umumnya, ada dua macam cara pemasangan windshield pada motor.


Pertama, braket atau tulang dari windshield tersebut dikaitkan pada gagang spion. Pembuat visor windshield aftermarket sudah merancang sesuai jenis motor dimaksud sehingga posisi dan ukurannya akan matching dan mudah dipasang oleh orang awam sekalipun. Material utamanya adalah kaca mika lengkung yang disangga oleh dua gagang/braket terbuat dari alumunium atau besi. Mika tersebut bisa dipilih yang transparan, ataupun yang dilapis oleh kaca film sehingga agak gelap.


Desain kedua, adalah model visor windshield yang menempel pada tebeng depan motor. Braketnya biasanya akan dibaut ke sekrup plat nomor. Dari segi tampilan, windshield model ini lebih terlihat rapi dan mirip dengan motor yang sudah berwindshield dari standarnya. Braket atau gagang pemegang mika tersembunyi sehingga lebih matching. Perlindungan terhadap terpaan angin juga lebih maksimal, karena angin yang menerobos dari bawah windshield lebih minim, beda dengan visor yang dipasang melekat pada gagang spion.

Dari kedua jenis windshield ini, tipe yang nempel di gagang spion relatif lebih murah harganya. Pemasangan juga lebih mudah. Harga yang dibandrol kisaran 100 ribuan saja.
Adapun jenis yang nempel di tebeng depan, biasanya mempunyai desain lebih rumit, dan kadang dengan tambahan material plastik ABS untuk menyerasikan dengan bentuk bodi asli motor. Oleh karenanya, wajar jika harganya lebih mahal. Harga termurahnya di kisaran 300 ribuan.
Cara pemasangan bisa dilakukan sendiri, dengan berpanduan pada video yang disediakan oleh akun penjual. Atau kalau Anda tidak mau repot, bisa diserahkan ke bengkel, dengan biaya yang terjangkau karena kemudahannya.

Bagaimana, tertarik pasang visor windshield?


Tidak ada komentar: