Klasikan Suzuki Forsa: Bahan Murah, Sparepart Mudah Didapat



Suzuki Forsa, sedan hatchback 5 pintu, bermesin 1000cc, 4-silinder. Sistem penggerak roda depan dengan transmisi 5 speed. Tipe mesinnya F10A, sama dengan Suzuki Carry dan Katana.  Di zamannya, Forsa bersaing dengan mobil sejenis yakni Daihatsu Charade dan Toyota Starlet.

Saat ini sedan mungil ini bisa diperoleh dengan kisaran harga 15 juta sampai dengan 20an juta. Harga biasanya akan lebih murah jika kondisi pajak mati misalnya. Jadi, sebelum meminang mobil bekas ini, perhatikan dulu kelengkapan surat-suratnya, dan negosiasi pengurusan pajak jika menunggak beberapa tahun.

Jika Anda ingin memelihara mobil ini, yang perlu diperhatikan adalah kondisi bodi. Oleh karena faktor umur, biasanya pada bagian tertentu sudah diserang oleh karat. Bengkel ketok magic biasanya sudah hafal posisi bodi yang rawan karat atau bolong, misalnya sekitaran roda dan lantai mobil. Bagian-bagian ini rawan karat karena sering kontak dengan air dan lumpur.
Bagian berikutnya yang perlu dirawat adalah kaki-kaki. Perhatikan bagian balljoint, juga shockbreaker yang mungkin perlu direkondisi.
Selanjutnya, periksa juga perkabelan. Ada kemungkinan pemilik sebelumnya menambahkan aksesoris kelistrikan seperti soundsystem atau  lampu tambahan. Penyambungan yang kurang bagus atau asal jumper, akan berefek buruk pada sistem kelistrikan mobil. Kabel-kabel bodi yang sudah aus juga perlu diinspeksi apakah sudah getas atau bahkan hampir putus karena faktor umur, agar kondisi kelisitrikan nantinya bisa stabil dan tidak mudah korslet.
Untuk mempercantik penampilan, lampu depan (headlamp) bisa  diganti dengan led projector, atau cukup lampu standar saja yang penting kondisi fittingnya dinormalkan.
Berikutnya, velg dan ban bisa diganti dengan cast wheel model klasik (model belimbing akan sangat cocok), atau jika masih pakai velg kaleng bisa dicat sendiri dengan warna kesukaan.
Terakhir, untuk menambah kenyamanan, kondisi AC bisa dinormalkan, konsultasikan ke bengkel AC apakah perlu ganti komponen tertentu (misal kompresor jika sudah tidak bagus), ataukah cukup dicuci evaporatornya.

Tidak ada komentar: