Modifikasi Per Belakang Motor Bak Tiga Roda Agar Lebih Kokoh dan Stabil Mengangkut Muatan Berat




Motor bak tiga roda Viar atau Tossa, sudah lazim untuk mengangkut beban berat. Tergantung dengan mesin yang disandang, motor angkut barang ini sanggup membawa beban antara 500 kg hingga 1 ton.

Nah, mungkin para owner motor niaga ini ingin meningkatkan kemampuan angkut, sekaligus ketangguhan motornya. Modifikasi yang bisa dilakukan berkisar pada per atau suspensi belakang yang menopang bak.

Motor tiga roda menggunakan per daun sebagai suspensinya. Jumlahnya bervariasi tergantung merek dan tipe motor. Modifikasi yang dilakukan adalah menambah bilah per daun tersebut, satu atau dua lembar. Per ini bisa diperoleh di bengkel, berupa copotan dari motor tiga roda yang sudah tidak terpakai.

Untuk menambah kestabilan dan daya redam goncangan, bisa ditambahkan pula suspensi teleskopik (shockbreaker tabung). Mengenai posisi dan cara pemasangan, bisa didiskusikan dengan tukang per atau shockbreker yang sudah berpengalaman menangani mobil-mobil niaga.


Uang yang perlu disiapkan biasanya tidak terlalu menguras kantong. Per daun bekas bisa ditebus dengan harga 50 ribu, sedangkan sekok tabung sekitar 100 ribuan. Adapun ongkos pasang atau modifikasi berkisar 100 ribu hingga 150 ribu, tergantung tingkat kesulitan pengerjaan.

Nah, selamat mencoba!

Tidak ada komentar: