Tips Merawat Sarung Tangan Pemotor Alias Riding Gloves


Bagi Anda yang suka naik sepeda motor, apalagi jarak jauh atau pekerjaan delivery yang lama berkendara motor, riding gear adalah perangkat yang menjadi keniscayaan. Dengan riding gear (perlengkapan pribadi bermotor) seperti helm, jaket, sepatu boot khusus biker, sarung tangan, maka perjalanan Anda bisa menjadi lebih aman dan nyaman.

Terkhusus riding gloves, saat ini sudah banyak pilihan yang dijual di toko-toko aksesoris ataupun online shop. Mulai dari yang berbahan kain, kulit asli, kulit sintetis, maupun kombinasi dari bahan-bahan di atas. Harganya bervariasi, dan bisa dibilang sudah sangat terjangkau.

Satu contoh, sarung tangan berbahan kulit domba garut yang dipasarkan wecastore, dibandrol 24 ribu untuk tipe half finger. Adapun yang full finger dipatok Rp. 29.000. 

Meski terkadang finishing quality-nya masih belum konsisten, sepadanlah dengan harganya yang sangat terjangkau. Bahan kulit aslinya juga nyaman dipakai, tidak terlalu gerah ketika cuaca panas, dan sangat recommended untuk cuaca hujan. Material kulit asli sebagai bahan sarung tangan juga bisa lebih melindungi dari gesekan, dibanding bahan lain seperti kain.

Jika Anda ingin model sarung tangan yang dilengkapi protector pelindung benturan, bisa melirik produk hoki cod, yang tipe half finger + protectornya dibandrol cukup murah, yakni 25 ribu saja.

 

Bagaimana jika Anda tidak suka bahan kulit? Bisa melirik produk riding glove dari pro-biker. Model full finger nya, lengkap dengan protector, harganya 72.000. Bahannya terbuat dari kombinasi kain elastis, karet, dan kain lembut. Adapun protectornya terbuat dari plastik solid yang ringan namun cukup keras. 


Jika Anda ingin yang level harga dan kualitasnya lebih tinggi, opsi lainnya tentu masih banyak. Bisa merek gear lokal seperti Eiger, Respiro, atau produk import misal Alpinestar atau Fox.

Nah, berikut beberapa tips perawatan riding gloves agar tetap awet dan nyaman digunakan.

-          Cuci sarung tangan secara berkala. Untuk pemakaian normal bisa seminggu sekali, sedangkan untuk pemakaian yang intens full day, upayakan minimal seminggu dua kali. Sarung tangan bahan kain, dicuci dengan merendam dalam air sabun (baiknya sabun yang ringan, sabun cuci tangan atau baby soap). Rendam selama 10 sd 15 menit. Setelah itu, bersihkan dengan digosok memakai tangan, atau kalau kotoran membandel, bisa disikat dengan sikat gigi bekas. Selepas itu, bilas hingga bersih, dan bisa dijemur di panas matahari.

-          Untuk sarung tangan bahan kulit asli, membersihkannya cukup diseka dengan air sabun. Bila diperlukan, bisa disikat dengan sikat yang paling lembut. Pengeringannya cukup diangin-anginkan saja, tanpa harus dijemur matahari.

-          Bagian dalam sarung tangan jangan lupa dibersihkan pula, sebab keringat yang terakumulasi bisa memicu tumbuhnya bakteri dan jamur. Setelah selesai pembersihan, bisa disemprotkan sedikit cairan antiseptik, sebelum dikeringkan secara sempurna.

-          Ada baiknya Anda memiliki beberapa set sarung tangan, agar pemakaian sehari-hari tidak terganggu oleh proses perawatan ini, khususnya apabila cuaca hujan.

 

 

 

 

Tidak ada komentar: